TUGAS MINGGU KE-5
Kelompok :
Devy Jusman (21215772)
Vitto Wicaksono Putra (27215060)
Kelas :
1EB19
1. APLIKASIKAN FUNGSI
MANAJEMEN PADA SUATU PERUSAHAAN YANG NYATA/RIIL
Fungsi-fungsi Manajemen terdiri atas :
Perencanaan (planning),
Pengorganisasian (organizing)
Pengarahan (directing)
Pengkoordinasian (coordinating)
Pengawasan (controlling)
a. Perencanaan
Pengertian Perencanaan adalah sebagai hasil pemikiran yang
mengarah ke masa depan, yaitu menyangkut serangkaian tindakan yang berdasarkan
pemahaman yang mendalam terhadap semua faktor yang terlibat dan yang diarahkan
kepada sasaran khusus. Dengan kata lain, perencanaan ialah penentuan
serangakaian tindakan berdasarkan pemilihan dari berbagai alternatif data yang
ada, dalam hal ini dirumuskan dalam bentuk keputusan yang akan dikerjakan untuk
masa yang akan datang dalam usaha mencapai tujuan yang diinginkan.
b. Pengorganisasian
Setelah perencanaan, langkah berikutnya adalah menciptakan
organisasi untuk melaksanakan rencana yang telah dirumuskan. Organisasi pada
hakikatnya mempunya tiga komponen, yaitu fungsi, personalia dan faktor-faktor
sarana fisik. Proses organisasi berusaha mempersiapkan ketiga komponen tersebut
sedemikian rupa agar dapat memperlancar pencapaian tujuan perusahaan. Dengan
demikian, pengorganisasian didefinisikan sebagai suatu proses menciptakan
hubungan antara personalia, fungsi-fungsi dan faktor fisik agar
kegiatan-kegiatan yang harus dilaksanakan disatukan dan diarahkan pada
pencapaian tujuan bersama.
c. Pengarahan
Langkah selanjutnya yaitu pengarahan, fungsi pengarahan ini
ialah gerak pelaksanaan dari kegiatan-kegiatan fungsi perencanaan dan
pegorganisasian. Pengarahan dapat diartikan sebagai suatu aspek hubungan
manusiawi dalam kepemimpinan yang mengikat bawahan untuk bersedia mengerti dan
menyumbangkan pikiran dan tenaganya secara efektif dan efisien untuk mencapai
tujuan yang telah ditetapkan. Berarti ruang lingkup pengarahan pengelolaan
sumber daya manusia yang efektif dan efisien.
d. Pengoordinasian
Koordinasi merupakan daya upaya untuk mensinkronkan dan
menyatukan tindakan-tindakan sekelompok manusia. Koordinasi merupakan otak di
dalam batang tubuh dari keahlian manajemen. Jika manajer menemukan kesulitan
dalam koordinasi yang berkelanjutan, ia harus mencurigai kelemahan program
perencanaan, pengorganisasian dan pengarahan. Pendek kata, koordinasi merupakan
bidang keahlian dari manajemen. Perintah yang baik dan lazim dari bidang
keahlian manajemen lainnya akan membuat koordinasi tidak begitu dibutuhkan.
Akan tetapi, pada organisasi yang dikelola dengan baik sekalipun, ada juga
bidang yang memerlukan koordinasi.
e. Pengawasan
Pengawasan merupakan fungsi terakhir yang harus dilakukan
dalam manajemen, karena dengan pengawasan dapat diketahui hasil yang telah
tercapai. Dalam hal ini berarti bahwa dengan pengawasan akan dapat mengukur
seberapa jauh hasil yang telah dicapai sesuai dengan apa yang telah
direncanakan.
Pengertian Pengawasan adalah sebagai suatu kegiatan
mendeterminasi apa-apa yang telah dilaksanakan sesuai dengan tujuan untuk
segera mengetahui kemungkinan terjadinya penyimpangan dan hambatan, sekaligus
mengadakan koreksi untuk memperlancar tercapainya tujuan. Fungsi ini dapat
menjamin bahwa kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dapat memberikan hasil yang
diinginkan.
2. BUATLAH SKEMA CIRI-CIRI MANAJER
PROFESIONAL, KETERAMPILAN MANAJEMEN YANG DIBUTUHKAN
SKEMA CIRI-CIRI MANAJER PROFESIONAL
0 komentar:
Posting Komentar